Langsung ke konten utama

Menepi Sejenak di Pantai Sobo: Liburan Tenang di Banyuwangi/ Miftahur Rizal, S.Pd.

Hari itu, langit Banyuwangi tampak cerah. Udara pagi yang segar mengiringi langkahku bersama beberapa teman menuju sebuah destinasi yang belum terlalu ramai dikenal wisatawan: Pantai Sobo . Terletak tak jauh dari pusat kota Banyuwangi, pantai ini berada di Kelurahan Sobo, hanya sekitar 15 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil. Akses jalannya cukup baik, dan rute menuju pantai bisa ditempuh dengan mudah sambil menikmati pemandangan khas kota pesisir. Sepanjang perjalanan, kami melewati permukiman warga, sawah-sawah hijau, serta beberapa warung sederhana. Suasananya tenang dan ramah. Tidak ada hiruk pikuk kendaraan seperti di tempat-tempat wisata populer. Ini yang membuatku merasa bahwa perjalanan ini akan berbeda—lebih santai dan dekat dengan kehidupan lokal. Sesampainya di Pantai Sobo, kami disambut oleh suara deburan ombak dan angin laut yang menenangkan. Pantainya memang tidak terlalu besar, namun cukup luas untuk berjalan kaki menyusuri tepiannya. Pasir...

LIBUR MADRASAH BUKAN SEKEDAR BERISTIRAHAT/HASIT YASIN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمْ

وَالْعَصْرِۙ ١ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ٢ اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ࣖ ٣ ( العصر/103: 1-3)

Terjemahan Kemenag 2019

Demi masa,

sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian,

kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasihati

    untuk kebenaran dan kesabaran.  (Al-'Asr/103:1-3)

Telah menjadikan tradisi atau kebiasaan yang menggembirakan bagi semua pihak, bahwa  liburan Madrasah merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, tidak hanya oleh anak anak, siswa, tetapi juga oleh para guru. Meski sering kali dianggap sebagai waktu istirahat dari kegiatan mengajar, liburan madrasah bagi guru juga memiliki dampak positif yang banyak memberikan konstribusi bagi hidupnya yang lebih mendadalam dari pada sekadar jeda dari rutinitas.

Pertama, liburan madrasah memberikan kesempatan bagi guru untuk beristirahat dan memulihkan energi. Setelah melalui satu semester penuh dengan aktivitas mengajar, memeriksa tugas, menyusun materi, hingga menghadapi berbagai dinamika di kelas, guru tentu membutuhkan waktu untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh. Waktu istirahat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, agar para guru dapat kembali bekerja dengan semangat dan performa yang optimal saat madrasah kembali dibuka.

Kedua, liburan madrasah menjadi waktu refleksi dan evaluasi diri. Dalam kesibukan harian, guru sering kali tidak memiliki cukup waktu untuk meninjau kembali strategi mengajar, efektivitas metode, atau pencapaian siswa. Masa liburan memberikan ruang untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan, mengevaluasi kekurangan, serta merancang kembali perbaikan berbagai metode dan strategi ke depan. Dengan demikian, guru dapat lebih siap menghadapi tantangan semester berikutnya dengan pendekatan yang lebih baik.

Ketiga, liburan madrasah memberikan peluang untuk pengembangan diri. Banyak guru yang memanfaatkan masa libur untuk mengikuti pelatihan, seminar, atau membaca buku-buku pendidikan guna memperkaya wawasan mereka. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, guru dituntut untuk selalu belajar agar tetap relevan dan inspiratif bagi siswa. Waktu libur menjadi momen yang ideal untuk memperluas pengetahuan tanpa tekanan tugas harian.

Keempat, guru juga dapat menggunakan liburan untuk mempererat hubungan dengan keluarga. Selama masa dimadrasah, waktu guru bersama keluarga sering kali terbatas,sering kali berbenturan diantara anggota dalam keluarga, karena padatnya aktivitas di madrasah. Liburan memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang tercinta, membangun komunikasi yang lebih baik, dan menciptakan kenangan indah yang mendukung keseimbangan hidup pribadi dan profesional.

Selain itu, bagi sebagian guru, liburan juga dapat dimanfaatkan untuk menekuni hobi atau aktivitas lain di luar bidang pendidikan misalnya berkebun,bertani, berwiraswasta dll. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan emosional dan memberi inspirasi baru yang bisa dibawa ke dalam proses mengajar.

Ke lima Menumbuhkan Kembali Motivasi,setelah liburan berada di luar rutinitas madrasah memungkinkan guru mendapatkan perspektif baru. Saat liburan, guru dapat melakukan perjalanan, menjelajahi hobi, atau hanya menikmati waktu luang. Semua hal tersebut bisa menumbuhkan kembali motivasi dan antusiasme untuk mengajar. Guru yang termotivasi cenderung lebih kreatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran

Secara keseluruhan, liburan madrasah bagi guru bukan sekadar waktu untuk beristirahat, tetapi merupakan momen penting untuk pemulihan, evaluasi, pengembangan diri, dan mempererat hubungan sosial. Dengan memanfaatkan liburan secara bijak, guru tidak hanya akan kembali dengan semangat baru, tetapi juga dengan wawasan dan kesiapan yang lebih matang untuk mendidik generasi masa depan.

Kesimpulan

Liburan madrasah bukan hanya waktu luang, melainkan momen penting untuk pemulihan dan pengembangan guru. Dengan fisik dan mental yang lebih sehat, serta wawasan yang diperbarui, guru akan lebih siap untuk menjalani semester berikutnya dengan semangat dan profesionalisme yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menghargai dan memanfaatkan masa liburan ini sebaik-baiknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan: Pondasi Pembentukan Karakter dan Kepribadian Bangsa

Pendidikan merupakan elemen penting dalam membentuk karakter dan kepribadian suatu bangsa. Tidak hanya sekadar proses transfer pengetahuan, pendidikan juga berfungsi sebagai dasar pembentukan nilai-nilai moral, etika, dan identitas yang akan menjadi panduan hidup masyarakat di masa depan. Di Indonesia, pendidikan memegang peranan strategis dalam membentuk karakter bangsa yang bermartabat, toleran, dan berkepribadian kuat, serta mampu bersaing dalam kancah global. Karakter bangsa yang kokoh berawal dari pendidikan yang berkualitas dan berbasis nilai-nilai luhur. Dalam konteks ini, pendidikan bukan hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan sikap, perilaku, dan kemampuan berinteraksi yang baik dalam masyarakat. Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, baik di tingkat dasar, menengah, maupun tinggi, harus dapat menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, gotong-royong, dan cinta tanah air. Nilai-nilai ini akan me...

"Healing" Liburan, "Gass" PPG! / Enki Dani Nugroho, S.Pd. M.Pd.

Libur semester seringkali identik dengan waktu untuk santai, tidur lebih lama, jalan-jalan, atau sekadar rebahan tanpa merasa bersalah. Tapi bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG), liburan bukan berarti sepenuhnya berhenti dari perjuangan. Inilah momen "healing", tapi tetap gass alias tetap produktif dengan cara yang menyenangkan dan tidak menguras tenaga seperti biasanya. Healing bukan sekadar pelesiran ke tempat wisata, tetapi bagaimana mengistirahatkan pikiran dari tekanan, sekaligus tetap menjaga ritme semangat belajar. Jadi, meski liburan, peserta PPG bisa tetap menyusun rencana, membuka kembali catatan materi, atau mengulas portofolio secara santai. Caranya? Duduk di teras rumah, ditemani secangkir kopi dan suara alam, sambil baca modul atau nonton ulang rekaman perkuliahan. Serius tapi santai, gass tapi tetap healing!. Bagi sebagian peserta, healing justru datang saat bisa berkarya di tengah liburan. Membuat media ajar interaktif, mencoba AI dalam menyusun bahan pe...